Tautan-tautan Akses

Obama Desak Israel agar Buat Kemajuan dalam Upaya Perdamaian dengan Palestina


Presiden Amerika Barack Obama mendesak perdana menteri Israel agar menggunakan yang disebutnya kesempatan bersejarah untuk mencapai kemajuan sungguh-sungguh dalam upaya perdamaian dengan bangsa Palestina.

Hari Senin, Obama menegaskan lagi dukungannya pada penegakan negara Palestina untuk menyelesaikan konflik Israel-Palestina, dalam pertemuannya yang pertama kali di Gedung Putih dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

Setelah pembicaraan itu Netanyahu mengatakan ia menghendaki bangsa Palestina memerintah diri sendiri namun tanpa yang disebutnya segelintir individu yang berkuasa yang dapat mengancam Israel.

Netanyahu akan bertemu hari Selasa dengan para anggota Kongres Amerika, dimana dia akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang rencananya bagi perdamaian.

Presiden Obama mengatakan semua pihak dalam pertikaian itu mesti memikul kewajiban yang telah mereka terima sebelumnya. Ia mendesak Israel menghentikan pembangunan pemukiman di Tepi Barat yang diduduki dan mengatasi krisis kemanusiaan di daerah Gaza.

XS
SM
MD
LG