Tautan-tautan Akses

Obama Tolak Publikasi Foto-Foto Penyiksaan Tahanan


Presiden Barack Obama dilaporkan menentang disiarkannya foto-foto penyiksaan tahanan di Irak dan Afghanistan, karena khawatir hal itu akan mengancam keamanan nasional.

Kata jurubicara Gedung Putih Robert Gibbs, presiden Obama bertemu dengan tim penasihat hukumnya minggu lalu karena ia merasa kurang enak apabila foto-foto itu disiarkan. Obama mengatakan penyiaran foto-foto itu akan membahayakan pasukan Amerika yang ada di Irak dan Afghanistan.

Badan hak asasi American Civil Liberties Union mengajukan tuntutan hukum tahun 2004 supaya foto-foto penyiksaan dan pelecehan itu disiarkan. Kata American Civil Liberties Union bulan lalu, Departemen Pertahanan Amerika telah sepakat akan merilis foto-foto itu tanggal 28 Mei ini.

Pemerintahan Presiden George Bush juga menolak menyiarkan foto-foto itu karena dikhawatirkan hanya akan memicu sentimen anti-Amerika.

Foto-foto yang menunjukkan tentara Amerika menyiksa dan melecehkan tahanan di penjara Abu Ghraib di Irak pada tahun 2004 telah menimbulkan kemarahan diseluruh dunia.



XS
SM
MD
LG