Tautan-tautan Akses

Obama: Utamakan Isi Daripada Tampang


Presiden Amerika Barack Obama mengatakan generasi sarjana perguruan tinggi sekarang ini hendaknya janganlah lebih "mengutamakan tampang daripada isi," dan manfaat jangka pendek daripada pencapaian abadi.

Obama mengatakan demikian dalam pidato wisuda Rabu petang di Universitas Negeri Arizona. Presiden mengatakan kepada para sarjana baru itu masyarakat Amerika telah tergoda mengejar gelar dan status. Ia mengemukakan contoh para bankir investasi Wall Street yang mengejar "laba jangka pendek yang memukau dan bonus-bonus yang dihasilkannya.

Ia juga mengatakan negara telah menjadi lengah dengan statusnya sebagai adi-daya ekonomi dan militer, karena lupa bahwa status diperoleh dengan bekerja-keras, inovasi, dan kerjasama dengan negara-negara lain untuk mencapai perdamaian dan kemakmuran.

Kehadiran Obama telah menyulut pertentangan, setelah para pengurus Universitas Negeri Arizona tidak mau memberinya gelar sarjana kehormatan, dengan alasan Obama belum meraih pencapaian yang cukup dalam kehidupannya – walaupun ia telah terpilih sebagai presiden Amerika dari keturunan Afrika yang pertama.

XS
SM
MD
LG