Tautan-tautan Akses

Paus Serukan Pendirian Negara Palestina


Sri Paus berseru agar konflik Israel-Palestina diselesaikan dengan rumus two state solution - sikap yang dapat membuatnya bertentangan dengan pemerintah baru Israel.

Dalam pidato di Tel Aviv hari Senin, Sri Paus mengatakan ia menghimbau semua pihak yang bertanggungjawab untuk menjajaki semua wahana yang ada untuk mencapai penyelesaian yang adil supaya kedua bangsa bisa hidup damai di negeri masing-masing dengan perbatasan yang dijamin internasional.

Perdana menteri baru Israel, Benjamin Netanyahu hadir ketika Sri Paus mengucapkan pidato itu. Netanyahu tidak mau menjanjikan pembentukan negara Palestina sendiri.

Sri Paus juga memberi penghormatan pada jutaan orang Yahudi yang tewas dalam holocaust dengan mengunjungi Yad Vashem Holocaust Memorial di Yerusalem. Sewaktu berada di sana Sri Paus yang tampak sedih mengatakan korban tragedi itu tidak boleh dilupakan, dibantah ataupun dikecilkan.

Perjalanan ziarah Sri Paus ke Tanah Suci dilakukan pada kala adanya kejengkelan di kalangan banyak orang Yahudi Israel yang marah atas keputusannya mencabut ekskomunikasi terhadap seorang uskup yang menyangkal holocaust.


XS
SM
MD
LG