Tautan-tautan Akses

Roxana Saberi Dibebaskan dari Penjara di Teheran


Wartawati Amerika, Roxana Saberi hari Senin dibebaskan dari penjara Evin di Teheran, sehari setelah hukumannya atas tuduhan melakukan kegiatan mata-mata dikurangi menjadi dua tahun penjara yang ditangguhkan. Ia dipenjarakan sejak bulan Januari dan pengacara hukumnya mengajukan banding hari Minggu atas hukuman semula 8 tahun penjara.

Ayahnya Reza Saberi yang menunggunya di luar penjara mengatakan ia berharap pulang ke Amerika bersama puterinya itu dalam beberapa hari ke depan.

Wartawati lepas Roxana Saberi yang berumur 32 tahun didapati bersalah melakukan mata-mata bulan lalu. Keluarganya dan pemerintah Amerika mengatakan tuduhan itu tidak beralasan dan memintanya supaya dibebaskan.

Menteri luar negeri Amerika, Hillary Clinton mengatakan pemerintah Amerika terus mengangkat kasus Saberi dan sungguh mengharukan ia sekarang telah dibebaskan.

Kasusnya mengundang dukungan dari berbagai kelompok hak asasi manusia dan media internasional dan menimbulkan ketegangan baru antara Washington dan Teheran justeru pada waktu kedua negara perlahan-lahan mulai melakukan pendekatan.



XS
SM
MD
LG