Tautan-tautan Akses

Pengacara Optimis Soal Keputusan Naik Banding Roxana Saberi


Pengacara untuk warga Amerika keturunan Iran, Roxana Saberi, yang dipenjarakan oleh Iran, mengatakan ia optimis dengan nasib kliennya, katanya suasana peradilan naik banding Iran menguntungkan ketika ia menyajikan pembelaan untuk diri Saberi.

Pengacara Saberi, Abdolsamad Khorramshahi mengatakan, peradilan memberikannya cukup waktu untuk menyajikan sebuah pembelaan yang kredibel. Khorramshahi memperkirakan sebuah keputusan seputar hukuman penjara 8 tahun atas diri Saberi akan dihasilkan dalam beberapa hari mendatang.

Wartawan freelance atau lepas berusia 32 tahun itu dinyatakan bersalah bulan lalu atas tuduhan melakukan pekerjaan mata-mata. Keluarganya dan pemerintah Amerika mengatakan tuduhan itu sama sekali tidak berdasar.

Ayah Saberi, Reza Saberi mengatakan wartawan itu telah mengakhiri mogok makan Senin lalu di penjara Evin setelah menolak makan untuk hampir dua minggu. Saksi mata mengatakan dalam peradilan tertutup hari Minggu Saberi tampak letih dan kurus ketika ia tiba di ruang peradilan.

Iran telah mengecam keterlibatan masyarakat internasional dalam kasus ini, katanya peradilan Iran bersifat independen dan campur tangan luar merupakan kontradiksi terhadap norma internasional.


XS
SM
MD
LG