Tautan-tautan Akses

Militer Pakistan Diminta Musnahkan Militan


Pemerintah Pakistan hari Kamis memerintahkan militernya memusnahkan militan, sementara pasukan pemerintah menggempur yang dicurigai sebagai posisi-posisi Taliban di Lembah Swat, Pakistan barat laut.

Dalam pidato di televisi Perdana Menteri Yousuf Raza Gilani mengajak bangsanya bersatu menentang ektremis. Ia juga menghimbau masyarakat internasional membantu penduduk yang terpaksa mengungsi akibat pertempuran di Lembah Swat.

Ribuan penduduk sipil mengungsi dari Lembah Swat sejak pasukan pemerintah meningkatkan ofensifnya menyusul berantakannya perjanjian damai dengan Taliban di kawasan itu. Badan-badan bantuan memperingatkan tentang potensi timbulnya krisis kemanusiaan.

Presiden Pakistan Asif Ali Zardari menerangkan kepada wartawan di Washington bahwa ofensif pasukan pemerintah akan diteruskan sampai keadaan di kawasan sana pulih kembali.

Sementara itu, menteri pertahanan Amerika Robert Gates mengatakan bahwa ia sangat puas dengan tindakan Pakistan dan amat kecil kemungkinan Taliban dapat mencapai sukses yang diperlukan untuk dapat menguasai senjata nuklir Pakistan.


XS
SM
MD
LG