Tautan-tautan Akses

AS Serahkan 3 Jenazah Pembajak Kepada Somalia


Angkatan Laut Amerika telah menyerahkan jenazah 3 pembajak Somalia yang tewas bulan lalu dalam konfrontasi atas seorang warga Amerika yang mereka sandera.

Pihak berwajib di daerah Puntland, Somalia, yang semi-otonom itu mengatakan jenazah tersebut dikembalikan hari Kamis ke pelabuhan di kota Bossaso, Somalia utara. Para pejabat mengatakan tidak ada anggota keluarga pembajak itu datang untuk menerima jenazah tersebut, jadi pejabat pemerintah setempat memakamkannya di kota itu.

Para tersangka pembajak itu berusaha merompak kapal berbendera Amerika, Maersk Alabama, tanggal 8 April ketika kapal tersebut sedang berlayar ratusan kilometer dari pantai daerah Puntland. Kapten warga Amerika kapal dagang itu, Richard Phillips, mengatakan kepada para anggota Kongres Amerika hari Kamis bahwa ia berpendapat mempersenjatai sebagian anggota awak kapal niaga dapat membantu mengurangi pembajakan.

Namun, pimpinan perusahaan perkapalan John Clancy, ketua Maersk, menentang gagasan itu, dengan mengatakan kepada para anggota Kongres bahwa itu dapat mengakibatkan perlombaan senjata dengan pembajak.

XS
SM
MD
LG