Tautan-tautan Akses

Amerika: Al-Qaida Tetap Menjadi “Ancaman Teroris Terbesar”


Amerika Serikat menyatakan al-Qaida telah menyusun kembali sebagian dari kemampuan operasionalnya seperti sebelum 11 September 2001, dan tetap menjadi "ancaman teroris terbesar" bagi Amerika dan sekutu-sekutunya.

Dalam laporan tahunannya tentang terorisme global, Departemen Luar Negeri Amerika menyatakan dalam tahun-tahun sejak serangan 11 September, al-Qaida dan sekutu-sekutu ekstrimisnya telah bergerak menyeberangi perbatasan dari Afghanistan ke tempat-tempat terpencil di Pakistan.

Laporan itu menyatakan al-Qaida dan sekutu-sekutunya telah menggunakan wilayah-wilayah terpencil di Pakistan sebagai tempat berlindung yang aman dan sebagai pangkalan pelatihan bagi teroris. Dikatakan, al-Qaida telah berkomunikasi dengan para pengikutnya, merencakan serangan-serangan, dan mengirim anggotanya dari Pakistan untuk membantu pemberontakan di Afghanistan.

Menteri Pertahanan Robert Gates mengatakan al-Qaida juga berusaha memancing kerusuhan baru di irak, sementara pasukan Amerika mengurangi peran keamanan mereka.

Dalam dengan keterangan di Senat Amerika hari Kamis, Menteri Gates mengatakan serangkaian pemboman maut baru-baru ini di Irak merupakan upaya al-Qaida untuk memicu kekerasan sektarian.


XS
SM
MD
LG