Tautan-tautan Akses

Human Rights Watch Desak PBB Lindungi Sipil di  DR Kongo Timur


Organisasi ham Human Rights Watch mendesak penjaga perdamaian PBB dan organisasi-organisasi kemanusiaan agar mengambil langkah untuk melindungi dengan lebih baik kaum sipil di bagian timur Republik Demokrasi Kongo.

Organisasi ham tadi mengatakan lebih dari 100 ribu orang kaum sipil yang mengungsi di daerah Lubero menghadapi risiko diserang lagi oleh milisi Rwanda dan pasukan Kongo. Dalam pernyataan yang dikeluarkan hari Rabu, Anneke Van Woudenberg, seorang peneliti Afrika organisasi ham tadi mengatakan kaum sipil yang melarikan diri untuk menyelamatkan nyawa mereka sedang dalam keadaan yang sangat berbahaya.

Sebelumnya tahun ini, pasukan bersenjata Rwanda dan Kongo melancarkan serangan bersama untuk memukul mundur pemberontak suku Hutu dari Kongo Timur. Namun, sebagian pemberontak telah menduduki kembali posisi mereka setelah pasukan Rwanda ditarik.

Organisasi-organisasi ham mengatakan pemberontak melakukan serangan pembalasan terhadap kaum sipil yang tampaknya sebagai hukuman atas serangan militer tadi.

XS
SM
MD
LG