Tautan-tautan Akses

Russia dan Bulgaria Menyelesaikan Perbedaan Mereka Mengenai Pipa Saluran Gas Alam


Perdana Menteri Russia Vladimir Putin mengatakan negaranya dan Bulgaria telah mengatasi perbedaan mengenai rencana pipa saluran yang akan mengalirkan gas alam Russia ke Eropa.

Pemimpin Russia itu berbicara di Moskow setelah mengadakan pembicaraan dengan rekannya dari Bulgaria Sergei Stanishev, yang tengah berkunjung untuk menyampaikan harapan kesepakatan bisa ditandatangani pada pertengahan bulan Mei.

Putin minggu lalu tidak menghadiri sebuah pertemuan internasional di Sofia mengenai energi karena perbedaan-perbedaan pendapat tentang pipa saluran selatan Russia.

Pihak berwenang Russia sebelumnya mengaitkan kunjungan Putin dengan kemajuan dalam perjanjian mengenai peran Bulgaria dalam proyek tersebut yang akan membawa gas alam Russia dibawah laut hitam menuju Bulgaria dan negara-negara lainnya.

Pejabat Bulgaria mengatakan Russia ingin Bulgaria menyertakan jaringan pipanya yang sudah ada dalam sistim saluran selatan yang diusulkan. Bulgaria sedang membangun jaringan baru untuk digunakan dalam mengalirkan gas alam ke negara-negara tetangganya.


XS
SM
MD
LG