Tautan-tautan Akses

Sri Lanka Tolak Gencatan Senjata Pemberontak Macan Tamil


Pemerintah Sri Lanka menyatakan akan berhenti menggunakan senjata berat dan serangan udara di zona perang di utara negara itu, guna mencegah jatuhnya korban warga sipil lebih lanjut.

Kantor presiden Sri Lanka mengatakan dalam suatu pernyataan hari Senin bahwa operasi tempur telah berakhir dan pasukan pemerintah tidak lagi menggunakan senjata artileri berat.

Sebelumnya, situs pro-pemberontak di Internet, TamilNet menyatakan, pasukan Sri Lanka menyerang desa Mullivaikal di pesisir yang dikuasai pemberontak, hanya beberapa jam setelah menolak seruan gencatan senjata Macan Tamil.

Seorang pejabat militer Sri Lanka mengatakan kepada Associated Press, militer berhadap-hadapan dengan pemberontak dan "bergerak maju."
Mullivaikal berada di zona "bebas tembakan" yang ditetapkan pemerintah sebagai tempat berlindung warga sipil di dalam wilayah kekuasaan pemberontak. Pemberontak Tamil menyatakan desa itu menampung puluhan ribu warga sipil.

Hari Minggu, pejabat tinggi kemanusiaan PBB John Holmes bertemu para pejabat di Colombo. Holmes mendesak agar mereka membuka akses lebih besar dan segera ke zona perang serta memohonkan keselamatan bagi warga sipil.

XS
SM
MD
LG