Tautan-tautan Akses

Taliban Tinggalkan Distrik Bunar


Para pejabat di Pakistan baratlaut mengatakan semua militan Taliban yang memasuki sebuah distrik 100 kilometer dari ibukota Pakistan, Islamabad, telah kembali ke kubu mereka di Lembah Swat.

Seorang pejabat setempat mengatakan semua militan Taliban telah meninggalkan distrik Buner hari Sabtu, dan bahwa tentara pemerintah telah dikerahkan di daerah itu.

Jurubicara Taliban mengatakan kepada VOA hari Jumat bahwa para pejuang Taliban dari Lembah Swat itu memutuskan untuk meninggalkan Buner karena mereka khawatir kalau mereka tetap berada di Buner, hal itu akan membahayakan perjanjian perdamaian baru-baru ini berkenaan dengan pemberlakuan hukum Shariah di beberapa bagian wilayah itu.

Para pejabat Amerika telah mengecam keras perjanjian itu.

Pimpinan militer Pakistan Jenderal Ashfaq Kayani mengadakan rapat hari Jumat untuk membicarakan operasi militer di Buner dan di Lembah Swat. Dalam sebuah pernyataan, dia mengatakan militer tidak akan membiarkan kaum militan mendiktekan syarat-syarat perjanjian kepada pemerintah atau memaksakan cara hidup mereka kepada masyarakat sipil Pakistan.

XS
SM
MD
LG