Tautan-tautan Akses

Pemimpin Oposisi Venezuela Cari Suaka di Peru


Seorang pengacara Peru yang mewakili pemimpin oposisi Venezuela, Manuel Rosales mengatakan kliennya secara formal mengajukan suaka politik di Peru.

Pengacara Javier Javier Valle Riestra menyampaikan pengumuman itu hari Selasa, beberapa jam setelah menteri luar negeri Peru Jose Antonio Garcia Belaunde, mengkonfirmasi bahwa Rosales tiba di Peru menggunakan visa turis. Sebagai turis, Rosales bisa tinggal sampai 6 bulan.

Rosales seharusnya muncul di pengadilan Venezuela hari Senin untuk menghadapi tuduhan korupsi. Ia bersembunyi setelah jaksa Venezuela menuduhnya memperkaya diri secara tidak sah antara tahun 2002 dan 2004, ketika ia menjabat Gubernur negara bagian Zulia. Rosales tetap mengaku tidak bersalah, mengatakan tuduhan-tuduhan itu bermotif politik.

Pihak berwenang mengatakan tuduhan-tuduhan itu didasarkan pada penyelidikan harta kekayaan Rosales. Mereka mengatakan ia belum menjelaskan asal dana-dana tertentu yang pernah diterimanya. Rosales kalah melawan Presiden Venezuela Hugo Chavez pada pemilu tahun 2006.

XS
SM
MD
LG