Tautan-tautan Akses

Para Pemimpin Demonstrasi di Thailand Serukan Unjuk Rasa Diakhiri


Para pemimpin demonstrasi di Thailand menyerukan pengakhiran demonstrasi anti-pemerintah di Bangkok sehari setelah bentrokan di jalan-jalan ibukota itu mengakibatkan dua orang tewas dan lebih 100 luka-luka.

Selasa ini, Deputi PM Suthep Thaugsuban memperingatkan akan kemungkinan sabotase oleh para pemrotes. Kata Suthep ke-3 pria dari kalangan pemrotes itu telah ditahan. Dia menambahkan bahwa mereka merencanakan membom sebuah bank dan sebuah gedung lain.

Ratusan pendukung perdana menteri terguling Thaksin Shinawatra sudah mulai meninggalkan tempat di luar kantor perdana menteri hari Selasa tidak lama setelah para pemimpin protes menyuruh mereka pulang.

Paling sedikit dua orang pemimpin protes yang memimpin aksi huru-hara di jalan-jalan ibukota Thailand telah menyerahkan diri mereka dan akan ditahan untuk diinterogasi. Keputusan untuk bubar diambil setelah pasukan tentara mendekat dengan mengendarai panser ke arah sebanyak 2000 demonstran yang berkumpul di luar Gedung Pemerintah di Bangkok.

Para demonstran telah berkemah di luar kantor Perdana Menteri Abhisit Vejjajiva selama hampir tiga minggu, menuntut agar dia meletakkan jabatan dan mengadakan pemilu. Dalam wawancara hari Selasa dengan Reuters, Abhisit menolak kedua tuntutan itu.

XS
SM
MD
LG