Tautan-tautan Akses

Rakyat Indonesia Pilih Anggota Badan Legislatif


Rakyat Indonesia memberi suara hari ini dalam pemilu legilatif yang akan menentukan apakah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan mempunyai cukup dukungan untuk memenangkan masa jabatan 5 tahun yang kedua.

Pemilu tersebut, yang mulai Kamis pagi, diadakan sementara ada keprihatinan akan kecurangan, penipuan, dan kekerasan di daerah.

Kira-kira 170 juta orang terdaftar untuk memilih dari puluhan ribu calon lagislatif. Hasil pemilu tersebut, yang akan memilih anggota badan legilatif yang mempunyai 560 kursi, juga akan menentukan partai-partai yang dapat mengajukan calon presiden dalam pemilihan presiden bulan Juli.

Beberapa jam sebelum pemilu mulai, kepolisian mengatakan 6 orang tewas dalam kekerasan di provinsi Papua. Kepala kepolisian setempat mengatakan bahwa dalam satu kejadian massa menyerang pos polisi di ibukota Jayapura.

Para analis mengatakan kekerasan belakangan ini telah menimbulkan keprihatinan akan kemungkinan ketegangan politik di Indonesia – yang mempunyai penduduk Muslim terbesar di dunia.


XS
SM
MD
LG