Tautan-tautan Akses

Produsen Mobil General Motors Siap Nyatakan Diri Bangkrut


Pejabat mengatakan produsen mobil Amerika terbesar diberitakan bersiap-siap menyatakan diri bangkrut. Laporan media mengatakan General Motors mempercepat persiapan untuk mengajukan kebangkrutan yang nantinya akan memecah bisnis ini menjadi dua.

Sumber yang tidak disebut namanya mengatakan, unit pertama akan terdiri dari unit-unit GM yang paling sukses, sementara unit yang kurang menguntungkan akan dikelompokkan kedalam perusahaan kedua.

Sebelumnya minggu ini, CEO GM Fritz Henderson mengatakan kepada televisi NBC bahwa meskipun ia cenderung ingin melakukan re strukturisasi dengan bantuan pemerintah, namun kalau pernyataan kebangkrutan merupakan opsi satu-satunya maka GM akan melakukannya secara cepat.

Peneliti dan anggota Kongres kawatir ambruknya GM akan diikuti oleh sejumlah kegagalan di industri-industri yang terkait.

Dalam perkembangan lainnya, resesi global tidak menurunkan pembeli mobil di Tiongkok. General Motors dan Mercedez Benz mengatakan mereka menikmati penjualan tertinggi pada bulan Maret meskipun ada penurunan permintaan di kebanyakan negara lain.

GM mengatakan penjualan mobil di Tiongkok naik hampir 25 persen bulan Maret, dibandingkan waktu sama tahun lalu, dan didorong oleh permintaan akan minivannya dan mobil mini “Spark.”

Perusahaan induk Mercedez, Daimler, mengatakan penjualan merk mobil mewah ini naik 50 persen dibandingkan Maret tahun lalu.

Sementara itu media negara melaporkan total penjualan kendaraan di Tiongkok bisa mencapai rekor bulanan bulan Maret, melampaui satu koma nol enam juta kendaraan yang terjual Maret 2008.

Pemerintah Tiongkok mengambil langkah untuk membantu mendorong penjualan mobil, dan memotong pajak penjualan kendaraan mobil kecil sampai lima puluh persen sampai akhir tahun 2009.

XS
SM
MD
LG