Tautan-tautan Akses

AS dan India Bicarakan Ancaman Keamanan


Para pejabat tinggi Amerika berada di India untuk membicarakan peranan negara itu dalam menghadapi ancaman keamanan yang berasal dari Afghanistan dan Pakistan.

Utusan khusus Amerika untuk Afghanistan dan Pakistan Richard Holbrooke bertemu dengan Menteri Luar Negeri India Shivshankar Menon hari Rabu. Seorang pejabat tinggi militer Amerika Laksamana Mike Mullen juga menghadirinya.

Holbrooke dan Mullen tiba di New Delhi setelah bertemu dengan para pejabat Pakistan di Islamabad. Disana, Holbrooke mengatakan Pakistan dan Amerika Serikat hendaknya bekerjasama untuk menghadapi apa yang disebutnya ancaman strategi bersama dari militan al-Qaida dan Taliban di Pakistan.

Menteri Luar Negeri Pakistan Mahmood Qureshi mengatakan kedua negara hanya dapat bekerjasama kalau saling menghormati dan saling percaya.

Tetapi, Qureshi menambahkan perbedaan kebijakan yang besar masih tetap ada, dengan menyatakan lagi tentangan Pakistan terhadap serangan misil Amerika yang menggunakan pesawat tak berawak terhadap militan di daerah suku terpencil Pakistan.

XS
SM
MD
LG