Tautan-tautan Akses

Korea Utara: Peluncuran Satelit Sukses


Korea Utara hari Minggu mengatakan pihaknya telah berhasil mengirim sebuah satelit ke antariksa, dalam peluncuran yang dikecam oleh masyarakat internasional.

Kantor berita resmi Korea Utara menyatakan satelit Kwang-myong-song-2 diangkut di atas roket bertingkat tiga Taepodong-2 dan saat ini mengorbit bumi.

Roket yang diluncurkan pukul 11.30 waktu setempat itu melintas di atas wilayah Jepang. Tingkat pertama roket itu mendarat di Laut Jepang dan bagian pendorongnya jatuh di Pasifik. Para pejabat Jepang menyatakan tidak ada puing roket yang jatuh di wilayahnya.

Presiden Amerika Barack Obama menyebut peluncuran itu "provokatif" dan merupakan pelanggaran terang-terangan ketentuan Dewan Keamanan PBB.

Dalam pernyataan tertulis yang dirilis di Praha, Republik Ceko, di mana Obama akan berpidato hari Minggu mengenai pemusnahan senjata nuklir, Presiden Amerika itu mengatakan pengembangan dan proliferasi teknologi misil balistik Korea Utara merupakan ancaman bagi kawasan Asia Timur Laut serta bagi keamanan dan perdamaian internasional.

Dewan Keamanan mengumumkan akan bersidang pukul tiga sore hari hari Minggu waktu New York, setelah Jepang mengirim surat berisi permintaan agar diadakan pertemuan darurat.

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon menyatakan penyesalannya hari Minggu, dengan mengatakan peluncuran itu tidak kondusif bagi upaya-upaya menggalakkan dialog, stabilitas dan perdamaian regional.



XS
SM
MD
LG