Tautan-tautan Akses

Obama: Tak Ada Perubahan Rencana Penarikan Pasukan AS Dari Irak


Presiden Barack Obama mengatakan Amerika tidak memiliki rencana untuk mempercepat penarikan pasukan Amerika dari Irak, meskipun terjadi peningkatan keamanan disana.

Obama mengatakan dalam siaran wawancara televisi CBS bahwa masih ada pekerjaan yang harus dilakukan di Irak, seperti pelatihan pasukan keamanan Irak.

Pasukan tempur Amerika dijadualkan meninggalkan kota-kota Irak pada 30 Juni tahun ini, dan meninggalkan negara itu pada Agustus 2010.

Pluhan ribu pasukan Amerika akan tetap tinggal di Irak sampai akhir 2011, guna mendukung dan melatih pasukan keamanan Irak.

Inggris merencanakan penarikan 4000 pasukan dari Basra pada bulan Juli. Pasukan ini akan mulai mengalihkan kendali kepada pasukan Amerika minggu ini.

Sementara itu, dalam perkembangan di Irak, pasukan Irak dan Amerika telah melakukan sweeping di distrik kota Baghdad dimana baku tembak dengan sukarelawan keamanan Muslim Suni telah menyebabkan tiga orang tewas.

Jurubicara militer Irak mengatakan kepada televisi pemerintah bahwa operasi ini diarahkan terhadap orang-orang yang mengancam pasukan keamanan, dan bukan populasi warga Suni.

Pertempuran pecah Sabtu setelah polisi menangkap Adil al-Mahhadani, seorang pemimpin Dewan Kebangkitan lokal dan salah satu pembantunya, serta menjatuhkan tuduhan terorisme terhadap diri mereka.

Pertempuran Sabtu menyebabkan tiga orang tewas dan 15 lainnya luka-luka. Pejabat mengatakan empat polisi, empat warga sipil dan tujuh orang bersenjata Suni mengalami luka-luka Minggu. Penguasa mengatakan lima tentara Irak hilang.

Dewan Kebangkitan juga dikenal sebagai Putra-Putra Irak, terdiri dari bekas pembrontak Suni yang kini membantu pasukan Amerika dan Irak memerangi al-Qaeda di Irak.

XS
SM
MD
LG