Tautan-tautan Akses

Badan PBB Tolak Rencana Penyelidikan HAM di Kongo


Sebuah badan hak azasi manusia PBB telah menolak proposal Eropa untuk mengirim penyelidik khusus guna mengusut pelanggaran hak azasi manusia di Republik Demokrasi Kongo timur.

Dewan Hak Azasi PBB yang didominasi oleh negara-negara Muslim dan Afrika memberikan suara menolak rencana Uni Eropa itu hari Jumat di Jenewa. Sebaliknya, dewan itu menyetujui sebuah resolusi oleh negara-negara Afrika yang meminta bantuan teknis lebih besar dalam bidang hak azasi manusia di Republik Demokrasi Kongo.

Para diplomat Jerman sebelumnya mengupayakan penyelidikan atas pelanggaran-pelanggaran, termasuk perekrutan anak-anak menjadi tentara di Republik Demokrasi Kongo timur, serta tindakan balas dendam terhadap penduduk sipil, dan kekerasan seksual terhadap perempuan dan anak-anak.

Kongo timur tetap rusuh, bahkan setelah bagian-bagian lain negara itu telah stabil. Tentara, milisi, pemberontak etnis Hutu dan pemberontak etnis Tutsi semuanya telah bersaing guna memperoleh kontrol atas wilayah-wilayah tambang yang menguntungkan.

XS
SM
MD
LG