Tautan-tautan Akses

MenHan Australia Akui Pernah ke Tiongkok, Dibiayai Orang Lain


Menteri Pertahanan Australia Joel Fitzgibbon telah mengaku ia pernah menerima pemberian dari seorang pengusaha kaya kelahiran Tiongkok dan lalai mengungkapkannya.

Pengakuan itu dikeluarkan sehari setelah surat-surat kabar Australia melaporkan bahwa kementerian pertahanan negara itu telah mengadakan penyelidikan rahasia mengenai hubungan 16 tahun Fitzgibbon dengan pengusaha perempuan kelahiran Tiongkok Helen Liu.

Fitzgibbon mengatakan kepada wartawan hari Jumat bahwa ia sangat menyesal tidak memberitahukan dua kali perjalanannya ke Tiongkok yang dibiayai oleh Liu. Ia melakukan perjalanan itu tahun 2002 dan 2005, ketika ia masih seorang anggota oposisi dalam parlemen, dan mengatakan perjalanan itu adalah suatu pertukaran kebudayaan dan pada waktu itu ia bertemu dengan para pejabat politik Tiongkok.

Para politisi oposisi dari Partai Liberal menyerukan agar Fitzgibbon meletakkan jabatan dan menuntut supaya diberitahu lebih banyak mengenai kunjungan tersebut.

Perdana Menteri Kevin Rudd sebelumnya mengatakan kekecewaan atas kelalaian Fitzgibbon memberitahukan kunjungan tersebut tetapi mendukung prestasinya sebagai menteri pertahanan.

XS
SM
MD
LG