Tautan-tautan Akses

Obama: Penanggulangan Krisis Perlukan Usaha Global


Presiden Amerika Barack Obama mengatakan diperlukan usaha internasional untuk memperbaiki ekonomi global, dan bahwa pemerintahannya melakukan apapun yang dapat untuk mengurangi defisit anggaran Amerika yang sangat besar.

Dalam jumpa pers di Gedung Putih Selasa malam. Obama mengatakan dolar Amerika kuat karena Amerika Serikat mempunyai ekonomi paling kuat di dunia. Ia mengatakan bahwa dalam pertemuan ekonomi G-20 di London bulan depan, pesannya adalah bahwa negara-negara harus melakukan apapun yang perlu untuk menciptakan pekerjaan, menghindarkan proteksionisme, dan menggerakkan kembali ekonomi global.

Bagi Amerika Serikat, Obama mengatakan penting memasukkan perang di Irak dan Afghanistan dalam anggaran negara, karena tanpa kejujuran mengenai biaya perang itu, pemerintah tidak dapat mengekang pengeluaran. Ia juga mengatakan negara harus mengambil pilihan yang berat untuk memotong separuh defisit nasional sebelum akhir masa jabatan pertamanya.

Mengenai perusahaan asuransi raksasa AIG, Obama mengatakan negara tidak mempunyai peralatan yang diperlukan untuk mengambil alih perusahaan seperti AIG sekarang dan menolongnya dari masalah ekonominya. Ia mengatakan pemerintah perlu memperoleh wewenang untuk melakukannya.

XS
SM
MD
LG