Tautan-tautan Akses

Chaudhry Kembali Bertugas sebagai Ketua MA Pakistan


Ketua Mahkamah Agung Pakistan mendapat sambutan pahlawan ketika ia kembali bekerja setelah satu tahun lebih dipecat. Para pengacara menebar kuntum mawar dan bersorak ketika Iftikhar Mohammed Chaudhry tiba di mahkamah itu. Chaudry kemudian mengatakan kepada hadirin di ruang mahkamah yang penuh itu, peradilan Pakistan yang sesungguhnya telah dipulihkan.

Ketua Mahkamah Agung itu juga menyerukan kepada para pengacara untuk membersihkan “korupsi yang merajalela” dalam peradilan. Chaudry dan 60 hakim tinggi lainnya di singkirkan oleh bekas Presiden Pervez Musharraf pada tahun 2007 karena takut pemilihannya kembali akan mendapat tentangan hukum.

Bekas jurubicara Chaudhry Athar Minallah mengatakan kepada VOA meskipun Chaudry bisa dihalang-halangi oleh para hakim yang ditunjuk di pengadilan selama ia dipecat, namun ia mempunyai mandat kuat untuk melakukan perubahan.

Chaudhry kini menghadapi beberapa kasus politik yang sensitif, termasuk tantangan mengenai keabsahan presiden yang sekarang memangku jabatan, tuduhan-tuduhan pengkhianatan terhadap Musharraf dan pertanyaan mengenai legitimasi penunjukan sejumlah hakim.


XS
SM
MD
LG