Tautan-tautan Akses

Obama: Tindakan Global yang Lebih Besar Perlu Diambil


Presiden Amerika Barack Obama menyerukan kepada para pemimpin dunia untuk mengambil tindakan yang berani, menyeluruh dan terkoordinasi, untuk menyulut permulihan ekonomi dan menghindarkan krisis di masa depan.

Dalam artikel pandangannya yang dimuat dalam harian International Herald Tribune, Obama mengatakan ia berharap pertemuan di London bulan depan 20 negara yang ekonominya sangat besar akan membina tindakan bersama.

Ia menyerukan agar Kelompok 20 mengikuti tindakan Washington dengan melaksanakan tindakan perangsang dan fiskal yang kuat untuk menggalakkan pertumbuhan ekonomi.

Ia juga mendesak para pemimpin dunia agar menerima kerangka kerja bersama untuk menjamin transparansi dan pertanggung-jawaban dalam tata keuangan global. Para pemimpin Eropa sependapat mengenai perlunya pengawasan keuangan yang lebih besar, tetapi mereka kurang bersemangat untuk mengeluarkan dana perangsang lebih jauh.

Obama mengatakan dalam artikelnya bahwa negara-negara kaya mempunyai kewajiban moral untuk membantu negara-negara miskin yang rakyatnya menghadapi risiko yang lebih besar.

XS
SM
MD
LG