Tautan-tautan Akses

Irak dan Turki Beri Peringatan Pada Pemberontak Kurdi


Presiden Irak Jalal Talabani telah memperingatkan pemberontak suku Kurdi yang berbasis di Irak utara untuk meletakkan senjata atau keluar dari Irak. Peringatan kepada Partai Pekerja Kurdistan PKK itu diucapkannya dalam konperensi-pers bersama dengan presiden Turki, Abdullah Gul hari Senin di Baghdad.

Pemberontak PKK melancarkan serangan ke dalam wilayah Turki dari basis-basis mereka wilayah Kurdistan yang umumnya berstatus otonomi di Irak utara. Militer Turki sering melancarkan serangan lintas-batas terhadap pemberontak itu di Irak. Situasi di perbatasan itu menyebabkan menegangnya hubugan antara antara kedua negara.

Presiden Abdullah Gul mengatakan hari Senin bahwa ia berharap upaya bersama dari para pemimpin Turki, Kurdi dan Irak dapat mengakhiri kegiatan lintas-batas pemberontak Kurdi.

Presiden Abdullah Gul menemui Presiden Talabani setibanya di Baghdad hari Senin untuk kunjungan dua hari. Kunjungan itu merupakan yang pertama oleh seorang kepala negara Turki ke Irak dalam lebih dari 30 tahun.

XS
SM
MD
LG