Tautan-tautan Akses

Polisi Israel Halangi Pertemuan Warga Palestina


Polisi Israel telah menghentikan serangkaian pertemuan warga Palestina yang merupakan bagian dari perayaan untuk merencanakan Jerusalem sebagai ibukota kebudayaan Arab tahun 2009.

Media Israel mengatakan polisi menutup sedikitnya lima pertemuan Sabtu, termasuk usaha para mahasiswa membawa bendera Organisasi Pembebasan Palestina – PLO. Polisi melarang mereka supaya jangan sampai ke tempat suci yang dikenal bagi warga Yahudi sebagai Mount Temple dan bagi umat Muslim sebagai Haram al-Sharif. Pihak penguasa Israel juga menghentikan anak-anak melepaskan balon-balon berwarna bendera Palestina, ke udara.

Paling sedikit 12 orang ditangkap. Mereka meliputi sedikitnya dua karyawan Universitas Palestina – Al-Quds – yang berencana akan membagi-bagikan baju kaos T-shirt untuk memeriahkan perayaan itu.

Dalam pidato di kota Bethlehem, Tepi Barat, Presiden Palestina, Mahmoud Abbas mendesak Israel agar membatalkan kebijakannnya yang telah lama berlangsung terhadap Jerusalem demi perdamaian. Dia menyerukan kepada Israel agar menghentikan pembangunan permukiman Yahudi.

Para pejabat Israel mengatakan, perayaan itu melanggar undang-undang yang melarang pihak penguasa Palestina menyelenggarakan peristiwa-peristiwa di wilayah Israel.

XS
SM
MD
LG