Tautan-tautan Akses

Olmert Tolak Usulan Hamas Soal Pertukaran Tahanan


Perdana Menteri Israel Ehud Olmert mengatakan ia tidak akan menerima tuntutan Hamas untuk melakukan pertukaran tahanan yang dianggap sebagai kunci gencatan senjata jangka panjang, dengan Palestina di Jalur Gaza.

Berbicara di televisi nasional, Olmert mengatakan Israel sudah “royal” dalam jumlah tahanan Palestina yang akan di bebaskannya dalam pertukaran dengan serdadu Israel Gilad Shalit. Namun ia mengatakan ia tidak akan membebaskan tahanan Palestina lebih banyak dari yang sudah diusulkan Israel sebelumnya.

Hamas menawan Shalit pada tahun 2006, dan menuntut pembebasan lebih dari 1200 tahanan, termasuk 450 narapidana yang terlibat dalam serangan bunuh diri terhadap Israel dan serangan-serangan lainnya. Pejabat Israel mengatakan Israel bersedia membebaskan 320 dari 450 orang tawanan itu.

Olmert bertemu dengan kabinetnya Selasa pagi untuk membicarakan perundingan mengenai pertukaran tahanan yang ditengahi Mesir.

Hamas telah menuduh Israel menyepelekan perundingan itu. Juru bicara Hamas Palestina Osama Hamdan mengatakan Israel bersikukuh agar Shalit dibebaskan lebih dulu.

XS
SM
MD
LG