Tautan-tautan Akses

Hamas Perkeras Sikap Dalam Pertukaran Tawanan


Dua wakil Israel hari Senin pulang dari pembicaraan dua hari di Kairo tentang pertukaran tawanan dengan Hamas. Pembicaraan itu merupakan upaya terakhir pemerintah Israel sekarang untuk membebaskan seorang anggota tentaranya yang sudah hampir tiga tahun disekap militan di Gaza.

Kedua wakil akan memberi taklimat kepada Perdana Menteri Ehud Olmert mengenai pembicaraan yang ditengahi Mesir itu. Olmert merencanakan sidang kabinet Selasa pagi membahas isu tawanan itu.

Pemerintah Israel mengatakan Hamas telah memperkeras posisinya dan tidak ada kesepakatan yang dicapai dalam pembicaraan di Kairo tadi. Hamas minta Israel membebaskan ratusan warga Palestina yang ditahannya sebagai tukar atas anggota tentara Israel tadi yang bernama Gilad Shalit yang disekap militan Palestina sejak tahun 2006. Jurubicara Hamas mengatakan ada kemajuan dalam pembicaraan dengan Israel tetapi juga masih ada perbedaan.

Perdana Menteri Olmert telah menegaskan bahwa tanpa pembebasan Shalit tidak bakal ada perjanjian gencatan senjata jangka panjang di sekeliling Gaza yang membuat Israel membuka Gaza untuk menerima bantuan rekonstruksi menyusul ofensif Israel belum lama ini.

XS
SM
MD
LG