Tautan-tautan Akses

Perunding Israel Dorong Pembebasan Tentara yang Ditahan Hamas


Dua pejabat senior Israel berada di Mesir dalam upaya merundingkan pembebasan seorang tentara yang telah lama ditahan kelompok militan Palestina.

Perdana Menteri Israel Ehud Olmert yang akan segera berakhir masa jabatannya, mengutus kepala badan intelijen dalam negeri Yuval Diskin dan perunding khusus Ofer Dekel ke Cairo untuk berunding dengan para mediator Mesir. Olmert mengatakan kepada kabinetnya hari Minggu bahwa ia menginstruksikan kepada kedua orang itu agar mengakhiri perundingan hari ini.

Ia juga mengatakan akan menggelar sidang khusus kabinet hari Senin, kemungkinan untuk menyelesaikan penyusunan perjanjian.

Militan Hamas menangkap tentara Israel Gilad Shalit ketika berlangsung penyergapan lintas perbatasan hampir tiga tahun silam. Tentara itu menjadi fokus upaya Mesir menengahi gencatan senjata jangka panjang antara Israel dan Hamas di Gaza.

Hamas berusaha membebaskan ratusan orang yang ditahan Israel sebagai imbalan pembebasan Shalit. Seorang jurubicara Hamas hari Minggu mengatakan tidak ada perkembangan baru terkait masalah pertukaran tahanan.


XS
SM
MD
LG