Tautan-tautan Akses

Pakistan Upayakan Pembicaraan dengan Pihak Oposisi


Pemerintah Pakistan berusaha meredakan krisis politik hari Jumat, dengan menawarkan pembicaraan dengan para pemuka oposisi pada hari ketiga tindakan keras terhadap aksi protes menentang pemerintah. Tawaran pemerintah itu menyusul beberapa pertemuan dengan para pemuka politik utama dan pemimpin militer serta konsultasi dengan para diplomat utama Amerika.

Dalam pada itu, para pejabat Pakistan memperluas larangan unjuk-rasa dan menangkapi puluhan aktivis. Rapat umum dilarang di Provinsi Perbatasan Barat Laut hari Jumat, serupa dengan larangan sebelumnya yang diberlakukan di provinsi Punjab dan Sindh.

Polisi meghentikan konvoi-konvoi demonstran di Karachi dan kota-kota lain yang hendak berangkat ke ibukota, Islamabad, untuk melakukan aksi-duduk di parlemen hari Senin.

Para aktivis oposisi yang dipimpin mantan perdana menteri Nawaz Sharif menuntut agar Presiden Asif Ali Zardari memulihkan jabatan mantan hakim Ketua Mahkamah Agung Iftikhar Muhammad Choudhry yang diberhentikan oleh mantan Presiden Pervez Musharraf.

XS
SM
MD
LG