Tautan-tautan Akses

Konvoi Bantuan Inggris untuk Gaza tiba di Rafah


Sebuah konvoi bantuan kemanusiaan Inggris yang membawa bantuan bagi warga Palestina di Jalur Gaza telah tiba di perlintasan perbatasan Rafah di Mesir.

Konvoi yang dipimpin anggota parlemen Inggris George Galloway ini telah menempuh jarak 14 ribu kilometer lebih dari London menuju Rafah selama tiga pekan terakhir.

Belum jelas apakah pihak berwenang Mesir akan mengizinkan bantuan pangan dan obat-obatan itu menuju Jalur Gaza yang dikuasai Hamas. Daerah itu lumpuh akibat ofensif militer Israel belakangan ini.

Hari Minggu di tepi Barat, Presiden Palestina Mahmoud Abbas mendesak Hamas agar berpartisipasi dalam pemerintah persatuan nasional.

Ia mengatakan pemerintah yang baru harus menerima perjanjian-perjanjian Palestina yang telah disepakati sebelumnya, yang mencakup pula mengenai hak berdirinya negara Israel. Hamas menolak persyaratan demikian.

Abbas mengemukakan komentar-komentar itu sementara para perunding dari partainya, Fatah, bersiap-siap bertemu para pejabat Hamas di Mesir hari Selasa untuk melakukan pembicaraan rekonsiliasi.

XS
SM
MD
LG