Tautan-tautan Akses

Demonstran Thailand Kepung Kantor Pemerintah Untuk Hari Kedua


Ribuan demonstran Thailand mengepung kompleks perkantoran pemerintah untuk hari kedua, dan ratusan lainnya berdemonstrasi di muka Kementerian Luar Negeri.

Laporan dari Bangkok menunjukkan bahwa demonstrasi jalanan itu ditujukan untuk membuat malu pemerintahan PM Abhisit Vejjajiva menjelang konperensi puncak ASEAN yang akan diadakan hari Jumat ini.

Pendukung berkas PM Thaksin Shinawatra yang terguling itu menuntut turunnya PM Abhisit, pembubaran parlemen dan diadakannya pemilihan umum baru. Kata para demonstran, pemerintahan Abhisit telah menggerogoti hak-hak rakyat yang demokratis.

Sementara itu, ratusan anggota Front Persatuan Menentang Kediktatoran, UDD berpawai dari kantor pemerintah yang utama ke kementerian LN dan menuntut turunnya menteri LN Kasit Piromya.

Kasit adalah salah seorang pemimpin demonstrasi massal tahun lalu yang diadakan oleh para pendukung kelompok anti-Thaksin, yang berhasil menaikkan Abhisit sebagai perdana menteri.

Kira-kira 20,000 pendukung Thaksin tampak mengepung kantor pemerintah yang utama, tapi mereka membiarkan perdana menteri Abhisit masuk ke kantornya tanpa insiden.

XS
SM
MD
LG