Tautan-tautan Akses

Obama Pidato di Hadapan Kongres Mengenai Kebijakan Luar Negerinya


Presiden Amerika Barack Obama menekankan bahwa Amerika Serikat akan berusaha memperkuat persekutuan lama, membina persekutuan baru, dan menggunakan semua unsur yang dapat digunakannya, terutama perundingan, dalam usaha kebijakan luar-negerinya.

Dalam pidato pertamanya di hadapan kedua majelis Kongres Selasa malam, Obama mengatakan ia akan segera mengumumkan strategi untuk mengakhiri perang di Irak dengan bertanggung-jawab. Ia mengemukakan Amerika Serikat sedang meninjau kembali dengan hati-hati kebijakannya di Irak dan Afghanistan.

Presiden menambahkan bahwa Amerika juga sedang bekerjasama dengan sekutu-sekutunya untuk membina strategi menyeluruh yang baru untuk mengalahkan al-Qaida dan memerangi terorisme di Afghanistan dan Pakistan. Ia menekankan bahwa ia tidak akan mentolerir tempat berlindung teroris.

Obama mengatakan Amerika Serikat tidak dapat menghindari meja perundingan, atau tidak meremehkan musuh. Ia menambahkan bahwa Amerika tidak dapat sendirian mengalahkan ancaman global, dan dunia tidak dapat mengalahkan ancaman-ancaman tanpa Amerika Serikat.


XS
SM
MD
LG