Tautan-tautan Akses

Obama Tekankan Pentingnya Hubungan AS-Jepang kepada Taro Aso


Presiden Obama telah bertemu dengan Perdana Menteri Jepang Taro Aso dan menekankan pentingnya hubungan Amerika dengan Jepang.

Dalam jumpa pers di Gedung Putih, Presiden Obama menggambarkan Jepang sebagai "pilar penyangga keamanan" di Asia dan salah satu rekanan ekonomi terkuat. Ia mengatakan Jepang adalah partner terkuat dalam isu-isu seperti perubahan iklim dan perang di Afghanistan.

Perdana Menteri Aso adalah pemimpin luar negeri yang pertama mengunjungi Presiden Obama di Gedung Putih sejak presiden itu menjabat pada bulan Januari.

Perdana menteri Jepang itu menambahkan bahwa Amerika dan Jepang adalah dua negara yang perekonomiannya terkuat di dunia dan harus bekerja sama untuk menyelesaikan masalah-masalah penting dunia. Aso sebelumnya mengatakan sangat penting bagi kedua negara untuk memiliki persamaan pendekatan pada masalah-masalah keuangan dunia.

Kedua pemimpin juga membicarakan masalah nuklir Korea Utara, selain masalah penculikan warga Jepang oleh mata-mata Korea Utara pada tahun 1970an dan 1980an. Masalah ini tidak terselesaikan dalam pembicaraan enam pihak untuk mengakhiri program senjata nuklir Korea Utara.


XS
SM
MD
LG