Tautan-tautan Akses

Hilllary Ke Asia dalam Lawatan Pertamanya ke Luar Negeri


Menteri Luar Negeri Amerika bertolak ke Asia dalam lawatan pertamanya ke luar negeri.

Menteri Luar Negeri Amerika, Hillary Clinton berangkat ke Asia hari Minggu, dalam lawatan pertamanya ke luar negeri sebagai Menteri Luar Negeri Pemerintahan Presiden Amerika Barack Obama.

Kunjungan Menteri Luar negeri Hillary Clinton selama sepekan akan merupakan lawatan ke Jepang, Indonesia, Korea Selatan dan Tiongkok menunjukkan kepentingan Pemerintahan Obama di wilayah itu sementara Washington berusaha menghentikan program senjata nuklir Korea Utara dan menstabilkan ekonomi dunia.

Pada persinggahan pertamanya di Jepang dan kemudian Korea Selatan, Hillary Clinton diduga akan memperkuat persekutuan dengan dua negara tuan rumah yang menerima kehadiran tentara Amerika.

Di Indonesia, Menteri Luar Negeri Hillary Clinton diduga akan menjalin kerjasama yang lebih erat dengan negara-negara ASEAN, khususnya dalam perekonomian dan keamanan.

Di Tiongkok, Menteri Luar Negeri Amerika, Clinton diduga akan berusaha memperluas hubungan bilateral, melampui hubungan yang biasanya berfokus pada hubungan ekonomi dan perdagangan.

Ia mengatakan juga akan membahas masalah hak asasi manusia dan iklim global di Tiongkok.


XS
SM
MD
LG