Tautan-tautan Akses

DPR dan Senat AS Capai Persetujuan Paket Perangsang Ekonomi 789 M Dolar


Para perunding dari DPR dan Senat Amerika telah mencapai persetujuan atas paket perangsang ekonomi 789 milyar dolar, yang meratakan jalan untuk pemungutan suara terakhir mengenai paket itu dalam Kongres.

Dalam jumpa pers Rabu petang, pemimpin mayoritas majelis Senat Harry Reid mengatakan rancangan kompromi itu akan menciptakan 3,5 juta pekerjaan segera setelah diberlakukan.

Para Senator moderat dari partai Republik, Susan Collins dan Arlen Specter, turut menyatakan dukungan pada rancangan itu, Collins mengatakan rancangan itu “bertanggung jawab dari segi fiskal,” sementara Specter mengatakan gawatnya keadaan mengharuskan pengambilan tindakan segera.

Pemimpin golongan Republik dalam DPR, John Boehner, mengatakan rancangan itu seharusnya mempunyai lebih banyak pemotongan pajak dan mengurangi belanja pemerintah.

Dalam pernyataannya, Presiden Amerika Barack Obama mengatakan kompromi yang diperjuangkan dengan susah-payah itu akan menyelamatkan dan menciptakan pekerjaan, memberi keringanan pajak bagi keluarga dan perusahaan, dan menggerakkan kembali ekonomi.

XS
SM
MD
LG