Tautan-tautan Akses

India Sambut Baik Pengakuan Keterkaitan Pakistan Pada Serangan Mumbai


India menyambut baik pengakuan Pakistan bahwa serangan teror di Mumbai tahun lalu sebagian direncanakan di Pakistan, dengan menyebutnya sebagai positif.

Sebuah pernyataan kementerian luar negeri India mengatakan India juga berharap Pakistan akan mengambil tindakan untuk membongkar infrastruktur terorisme di wilayahnya.

Sebelumnya Menteri Luar Negeri Pakistan Rehman Malik mengatakan kepada wartawan, sebagian persekongkolan Mumbai itu dirancang di Pakistan. Dia juga mengatakan pemerintah sudah menangkap enam tersangka, diantaranya yang dikatakan sebagai pemimpin, dan menuduh mereka memiliki kaitan dengan kelompok Islam terlarang, Laskar-e-Taiba.

Pakistan sebelumnya mengakui satu-satunya orang bersenjata yang masih hidup dari serangan itu adalah warga Pakistan. Tetapi Islamabad membantah terlibat langsung dalam serangan tiga-hari di Mumbai itu yang berawal tanggal 26 November.

India telah menuduh Laskar-e-Taiba dan mengatakan unsur-unsur dinas rahasia Pakistan terlibat. Kelompok militant itu membantah tuduhan tersebut dan para pejabat Pakistan mengesampingkan tuduhan India itu.


XS
SM
MD
LG