Tautan-tautan Akses

Sekjen PBB Desak Sudan Kerjasama dengan ICC


Sekjen PBB mendesak Sudan untuk bertindak “ sangat bertanggung jawab” jika pengadilan kejahatan internasional mengeluarkan perintah penahanan terhadap presiden negara itu.

Sekjen PBB Ban Ki Moon mengatakan Sudan harus bekerjasama penuh dengan keputusan apapun yang dihasilkan pengadilan itu dan harus memastikan keamanan pasukan penjaga perdamaian PBB dan warga sipil di negara itu. Pengadilan Kejahatan Internasional diperkirakan bulan ini akan memutuskan apakah akan mengeluarkan perintah penangkapan Presiden Sudan Omar al-Bashir atas tuduhan mendalangi genosida di Darfur.

Sudan menolak kewenangan pengadilan itu. Para pejabat Sudan mengatakan keamanan pasukan penjaga perdamaian di Sudan tidak dalam bahaya namun mereka mengatakan pihak berwenang tidak bisa mengontrol kemarahan masyarakat jika perintah penangkapan dikeluarkan terhadap presiden negara itu.

Seruan dari Sekjen PBB tersebut dilontarkan bersamaan dengan dimulainya pembicaraan antara pemerintah Sudan dan kelompok pemberontak Darfur di Qatar.

XS
SM
MD
LG