Tautan-tautan Akses

Sedikitnya 108 Tewas Dalam Kebakaran Liar di Australia


Korban tewas dari kebakaran liar di Australia tenggara telah mencapai 108, dan menjadikannya bencana kebakaran paling mematikan. Polisi mengatakan korban tewas dalam beberapa kebakaran yang melalap negara bagian Victoria. Katanya korban tewas masih bisa meningkat sementara regu penyelamat melakukan pencarian di daerah yang terbakar.

Pejabat mengatakan beberapa dari yang tewas terperangkap dalam mobil ketika berusaha melarikan diri dari api. Penguasa mengatakan 400 kebakaran mengamuk diseputar Melbourne.
Lebih dari 700 rumah hancur dan sekitar tiga ribu kilometer persegi lahan terkena.

Perdana Menteri Australia Kevin Rudd mengatakan ia akan mengirim pasukan guna membantu ribuan sukarelawan pemadam kebakaran yang keletihan memerangi api. Menteri negara bagian Victoria John Brumby, mengatakan api ini merupakan yang teburuk yang dialami wilayah ini.

Rob Rogers, asisten komisioner Dinas Kebakaran Hutan negara bagian Victoria mengatakan bala-bantuan yang dikerahkan betul-betul dilakukan seperti operasi militer. Mereka juga mengerahkan tim manajemen insiden lokal yang bersiaga dekat lokasi kejadian. Mereka membagi wilayah kebakaran ke dalam beberapa divisi dan sektor dan menyerahkan tanggungjawab kepada siapa yang menangani bagian-bagian tertentu.

Tragedi kebakaran hutan terburuk sebelumnya terjadi pada tahun 1983, sewaktu 75 orang tewas dalam kebakaran di negara-negara bagian Victoria dan Australia selatan.


XS
SM
MD
LG