Tautan-tautan Akses

Jerman Tuan Rumah Konferensi Keamanan Bahas Nuklir Iran


Jerman menjadi tuan rumah konfrensi keamanan di Munich yang terfokus pada isu, antara lain program nuklir Iran dan komitmen pasukan NATO di Afghanistan.

Wakil Presiden Joe Biden mewakili Amerika pada pertemuan 3 hari itu. Dia juga akan mengadakan pertemuan bilateral dengan para pejabat dari Jerman (Kanselir Angela Merkel dan mentri luar negri Frank-Walter Steinmeier), PM Polandia, Donald Tusk, PM Ukraina Yulia Tymoshenko, Presiden Perancis Nicolas Sarkozy, mentri luar negri Inggris David Miliband dan sekjen NATO Jaap de Hoop Scheffer.

Sebelum pembukaan pertemuan hari Jumat ini, ketua parlemen Iran, Ali Larijani, bertemu dengan kepala badan nuklir PBB, Mohamed ElBaradei.

Program nuklir Iran telah menjadi topik yang dibicarakan dengan cermat oleh dunia. Jerman dan 5 anggota tetap Dewan Keamanan PBB, Amerika, Tiongkok, Perancis, Inggris dan Rusia, telah berusaha menbujuk Iran agar berhenti memperkaya uranium yang dapat digunakan untuk membuat senjata nuklir. Menurut Iran, program nuklirnya untuk sipil dan bertujuan damai.

XS
SM
MD
LG