Tautan-tautan Akses

Eric Holder Dilantik Sebagai Jaksa Agung Kulit Hitam Pertama AS



Jaksa agung Amerika pertama yang berkulit hitam diambil sumpahnya hari ini oleh wakil presiden Joseph Biden.

Eric Holder mengatakan kepada para pegawai departemen kehakiman bahwa mereka harus mengembalikan fungsi departemen itu seperti semula guna menjamin bahwa semua warga Amerika mendapat perlakuan yang adil.

Senat Amerika kemarin mengesahkan penunjukan Holder dengan perbandingan suara 75 lawan 21.

Kata Wakil Presiden Joseph Biden, Departemen Kehakiman akan dipulihkan fungsinya yang tidak akan dipengaruhi politik atau ideologi, tapi sepenuhnya berdasarkan fakta dan Undang-Undang yang berlaku.

Diantara tugas penting yang dihadapi Eric Holder adalah peninjauan kembali kebijakan anti terror yang dijalankan pemerintahan Presiden Bush. Kata Holder dimuka sidang konfirmasinya minggu lalu, ia akan menghentikan teknik-teknik pemeriksaan yang keras seperti water boarding, yang dianggapnya sebagai penyiksaan.

Senator Partai Republik John Cornyn sempat menunda pengukuhan Holder sebagai jaksa agung selama satu minggu, tapi tidak berhasil mendapatkan janji dari Holder bahwa ia tidak akan mengusut pejabat intellijen Amerika yang melakukan interrogasi dengan cara water boarding itu.

Holder juga akan menyiapkan rencana rinci untuk menutup kamp tahanan Amerika di Guantanamo, seperti yang dijanjikan presiden Barack Obama.

XS
SM
MD
LG