Tautan-tautan Akses

Pakistan Bantah Izinkan AS Lakukan Serangan Lintas Batas


Pakistan membantah laporan yang mengatakan bahwa negara itu punya semacam pengertian dengan Amerika yang memungkinkan serangan lintas batas oleh pesawat tidak berawak Amerika.

Ini dikatakan oleh jurubicara departemen luar negeri Pakistan Mohammad Sadiq, setelah menteri pertahanan Amerika Robert Gates mempertahankan serangan udara Amerika atas pemberontak yang berada di kawasan Pakistan.

Kata Gates kemarin dimuka komisi angkatan bersenjata senat, Amerika akan mengejar al-Qaida sampai kemanapun, dan bahwa sikap ini telah disampaikan kepada Pakistan.

Tapi pemerintah Pakistan sejak lama telah mengecam serangan lintas-batas seperti itu sebagai pelanggaran atas kedaulatannya.

Kendati adanya perbedaan terbuka tentang serangan lintas batas itu, Pakistan tetap ingin mengadakan kerjasama erat dengan Amerika untuk menumpas pemberontak.

Kata Presiden Pakistan Asif ali Zardari hari ini, Amerika haruslah memberi bantuan militer dan ekonomi kepada Pakistan. Ini dikatakan Zardari dalam sebuah tulisan yang dimuat harian Washington Post.



XS
SM
MD
LG