Tautan-tautan Akses

Barack Obama Dilantik Menjadi Presiden ke-44 AS


Barack Obama telah mengambilalih jabatan sebagai presiden dengan seruan kepada rakyat Amerika agar bekerjasama mengatasi tantangan yang dihadapi bangsa pada masa krisis ekonomi dan dua perang.

Obama mengatakan itu dalam pidato di hadapan sekitar satu juta orang di lapangan National Mall hari ini setelah dilantik sebagai presiden Amerika Serikat yang ke-44. Dia adalah warga Amerika keturunan Afrika pertama yang menduduki jabatan tertinggi itu.

Obama mengatakan perekonomian Amerika sudah sangat dilemahkan oleh ketamakan dan kekeliruan kolektif dalam membuat pilihan sulit. Katanya rakyat Amerika harus mengesampingkan argumentasi politik dan mengambil tindakan cepat dan berani untuk menciptakan lapangan kerja baru dan pertumbuhan.

Mengenai kebijakan luar negeri. Obama berjanji akan meninggalkan Iraq kepada rakyatnya secara bertanggungjawab dan membina perdamaian di Afganistan. Katanya Amerika Serikat mengupayakan cara baru ke depan di dunia Muslim berlandaskan kepentingan bersama dan saling menghormati.

Dia juga bertekad mengalahkan teroris. Katanya semangat rakyat Amerika kuat dan tidak dapat dipatahkan.

Obama, seorang Demokrat, mengakhiri delapan tahun pemerintahan Partai Republik di Gedung Putih di bawah George Bush.


XS
SM
MD
LG