Tautan-tautan Akses

Wapres Sudan Peringatkan Kemungkinan Perang Saudara Lagi



Wakil Presiden Sudan mengatakan negara itu dapat tergelincuir kembali kedalam perang saudara jika mahkamah internasional mengeluarkan surat penangkapan Presiden Omar al-Bashir.

Para hakim di Mahkamah Kejahatan Internasional diperkirakan akan memutuskan surat penangkapan itu dalam waktu dekat, atas permintaan para jaksa penuntut yang menduh Bashir melakukan kejahatan perang di Darfur.

Wakil Presiden Salva Kiir mengatakan jika surat perintah penangkapan itu dikeluarkan, partai pemwerintah Sudan kemungkinan akan meninggalkan perjanjian perdamaian tahun 2005 yang mengakhiri perang saudara utara-selatan negara itu, yang akan menyebabkan krisis konstitusional.

Kiir mewakili wilayah Sudan selatan yang berstatus semi-otonomi, yang melancarkan perang 21 tahun yang menghancurkan melawan pemerintah yang berkedudukan di utara, dan dijadwalkan melakukan pemungutan suara untuk merdeka tahun 2011.

Dia adalah yang terbaru dari banyak politisi Sudan yang memperingatkan konsekwensi negatif jika Mahkamah Kejahatan Internasional menangkap Bashir.

XS
SM
MD
LG