Tautan-tautan Akses

Bush Tolak Kecaman Terhadap Kebijakan Ekonomi dan Politik Luar Negerinya


Presiden Bush membela rekam kerjanya selama memegang jabatan dan menampik kecaman terhadap kebijakan ekonomi serta politik luar negerinya.

Dalam jumpa pers pada hari-hari terakhir pemerintahannya di Gedung Putih hari Senin ia mengatakan ia mewarisi risesi ekonomi ketika mulai memangku jabatan dan akan melepas jabatan semasa risesi. Namun, katanya, ia telah mengambil berbagai langkah luar biasa guna mengatasi pasar kredit yang beku selama masa jabatannya selaku langkah pertama menuju kebangkitan ekonomi.

Ia juga berbicara tentang konflik di Gaza dan lagi-lagi mendesak diciptakan gencatan senjata yang bersinambung antara Israel dan Hamas. Tetapi ia juga mengulangi seruan pemerintahannya ditegakkan negara Palestina. Menurutnya yang menjadi tantangan ialah menyiapkan kondisi bagi kedua negara demokrasi – Israel dan Palestina - untuk hidup berdampingan secara damai.

Presiden Bush akan melepas jabatan tanggal 20 bulan ini bertepatan dengan pelantikan Barack Obama sebagai penggantinya dan presiden Amerika yang ke-44.


XS
SM
MD
LG