Tautan-tautan Akses

Israel Menuju Perkampungan Padat di Jalur Gaza untuk Tumpas Hamas


Pasukan Israel maju terus menuju daerah-daerah perkampungan padat di Jalur Gaza untuk menumpas Hamas, sementara pesawat-pesawat tempur Israel membom apa yang diduga posisi militan dan terowongan penyelundupan.

Militer Israel mengatakan telah melakukan sekitar 15 serangan udara Ahad malam , merupakan salah satu serangan udara malam tersedikit sejak Israel memulai ofensif 17 hari lalu.

Utusan kwarter TimurTengah Tony Blair mengatakan di Cairo Senin ini, bahwa unsur-unsur kwartet – Amerika, PBB, Uni Eropa dan Rusia - sudah siap untuk mengusahakan gencatan senjata guna mengakhiri pertempuran di Jalur Gaza.

Para petugas medis di Gaza mengatakan, paling sedikit 895 warga Palestina tewas dalam ofensif, yang dikatakan Israel untuk menghentikan kelompok militan Hamas menembakkan misil ke Israel selatan. Roket-roket Palestina terus ditembakkan, bahkan setelah Israel mengirim unit-unit tentara cadangan ke Gaza.

Menurut petugas medis, sekitar separuh dari korban Palestina yang jatuh adalah warga sipil. Israel telah melarang para wartawan asing memasuki Gaza, dan jumlah korban sulit dikonfirmasi.

10 tentara Israel tewas dalam pertempuran, dan 3 warga sipil Israel tewas akibat tembakan roket.

Dewan HAM PBB hari ini mengutuk ofensif Israel, menuduhnya melakukan pelanggaran besar terhadap hak asasi orang Palestina

XS
SM
MD
LG