Tautan-tautan Akses

Pertempuran Israel dan Hamas Masuki Minggu Ke-3


Pertempuran antara tentara Israel dan kaum militan Hamas memasuki minggu ke-3 Sabtu ini, sementara terus dilakukan usaha diplomatik di Mesir untuk mengakhiri tindak kekerasan itu.

Penguasa Palestina Presiden Mahmoud Abbas di Cairo Sabtu ini untuk mengadakan pembicaraan dengan Presiden Mesir Hosni Mubarak mengenai usul gencatan senjata Mesir. Pada jumpa pers, Abbas mendesak agar usul gencatan senjata itu diterima, dengan menyebutnya sebagai satu-satunya mekanisme yang dapat mengakhiri pertumpahan darah.

Kedua pihak menentang seruan Dewan Keamanan PBB hari Kamis agar mereka segera melaksanakan gencatan senjata yang mengikat.

Militer Israel menyatakan telah melakukan lebih dari 40 serangan udara di wilayah Palestina Jumat malam, menewaskan sedikitnya 15 militan Hamas. Tentara Israel juga baku tembak dengan kaum militan Hamas di darat yang terus menembakkan roket ke Israel ..

Perdana Menteri Israel Ehud Olmert, Jumat mengatakan operasi Israel akan terus berlangsung selama kaum sipil Israel ditembaki dengan roket. Jurubicara Hamas, Usama Hamdan juga menolak seruan gencatan senjata itu.

Kata Hamdan, para pemimpin Hamas juga berkeberatan atas resolusi itu, dengan menekankan bahwa mereka tidak diajak berembuk. Kelompok itu menyatakan telah mengirim delegasi ke Kairo untuk membicarakan usul gencatan senjata Mesir yang terpisah.

Militan itu telah bertekad tidak akan menerima gagasan apapun yang tidak mengakhiri blokade Israel terhadap Gaza.

Dalam wawancara dengan suratkabar The Washington Post, yang diterbitkan Sabtu ini, Menteri Luar Negeri Israel Tzipi Livni tidak mau menentukan berapa lama ofensif Israel di Gaza, dengan mengatakan bahwa Israel perlu melihat apakah sudah mencapai tujuannya. Dikatakannya, perang terhadap Hamas adalah perang melawan teror.

XS
SM
MD
LG