Tautan-tautan Akses

Bahaya Serangan Israel Tangguhkan Operasi Bantuan PBB di Gaza



Badan pertolongan PBB di Gaza mengatakan telah menangguhkan operasi karena bahaya yang ditimbulkan militer Israel.

Pengumuman hari Kamis dikeluarkan beberapa jam setelah serangan terhadap sebuah konvoi bantuan PBB di bagian utara wilayah Palestina itu. PBB mengatakan dua pekerja kontrak tewas.

Para pejabat mengatakan perjalanan konvoi itu sudah dikordinasikan lebih dulu dengan militer Israel. Sekjen PBB Ban Ki-moon mengutuk serangan itu dan menyerukan gencatan senjata segera.

Kepala urusan kemanusiaan PBB John Holmes mengatakan situasi di Gaza kini sudah semakin kritis dari sebelumnya. Kepada wartawan dia mengatakan, Kementerian Kesehatan di Jalur yang berpenduduk padat itu melaporkan 758 orang telah tewas – sepertiga mereka anak-anak.

Holmes mengatakan jumlah itu tidak dapat diverifikasi secara independent tetapi pada umumnya dapat dipercaya. Persentase anak-anak yang tewas telah meningkat dari taksiaran PBB sebelumnnya, sekitar 25 persen.

Juga hari ini, Komite Palang Merah Internasional menuduh Israel tidak memenuhi kewajiban berdasarkan undang-undang kemanusiaan internasional, dengan mengundur upaya membantu yang luka-luka di Gaza.

XS
SM
MD
LG