Tautan-tautan Akses

Sengketa Gas Alam Rusia-Ukraina Merembet ke Seluruh Eropa



Perselisihan Rusia-Ukraina mengenai pasokan gas alam telah menyebabkan pengiriman gas kepada sekurangnya 7 negara Eropa lainnya terhenti dan mengurangi secara drastis pengiriman kepada negara lainnya. Pejabat Eropa memperingatkan akan munculnya situasi “krisis”.

Kroasia, Hongaria, Turki dan Bosnia-Herzegovina semuanya melaporkan penghentian pengiriman gas dari Rusia hari Selasa, karena perselisihan antara Rusia dan Ukraina mengenai harga dan pembayaran gas alam yang tertunda.

Bulgaria, Yunani, Macedonia juga mengatakan pengiriman gas Rusia juga terhenti, sementara Perancis melaporkan jumlah gas Rusia yang masuk ke Perancis juga turun 70 persen.

Pemimpin perusahaan gas alam Ukraina Naftohaz mengatakan ia akan bertemu dengan para pejabat perusahaan energi Rusia Gazprom di Moskow hari Kamis untuk mengatasi perselisihan tersebut.

Juru bicara Gazprom menyatakan heran mengapa Ukraina harus menunggu sampai hari Kamis.

Uni Eropa menyatakan bahwa penghentian pasokan gas mendadak terhadap beberapa negara anggotanya, sangat tidak bisa diterima dan menyerukan dipulihkannya arus pengiriman dengan segera.

XS
SM
MD
LG